Minggu, 01 April 2012

Ushul Fiqh Dalam Tatanan Hidup Remaja Part 2
Surat Al Kahfi Ayat 13   T I N J A U A N

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُمْ بِالْحَقِّ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ آمَنُوا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَاهُمْ هُدًى (١٣)
Apabila kita menjadikan ayat ini sebagai cermin perbandingan ushul fiqh..maka kita dapat mengambil kerangka ayat tersebut sebagai pedoman dalam menjalankan nilai nilai kehidupan yang di Ridho  Allah SWT..penulis akan mencoba memaparkan rangkaian ayat tersebut sampai ke ayat 26 yang mengisahkan tentang sekelompok pemuda yang berusaha menyelamatkan iman mereka dari ancaman penguasa yang dholim..dan mereka mendapat ridho dari Allah sehingga mereka berhasil keluar dari tempat itu..mereka beserta seekor anjing berangkat menuju sebuah gunung..mereka beristirahat dalam sebuah gua,karena kelelahan mereka sampai tertidur pulas..sampai pada saatnya mereka di bangunkan Allah SWT………….
Nilai Ushul Fiqh…Karena keyakinan iman mereka..karena kesabaran mereka Allah SWT memberikan mereka kemudahan..
Pesan yang terkandung di dalam ayat tersebut seolah memberikan kita suatu petunjuk bahwa bagaimanapun juga tingginya perkembangan ilmu tekhnologi..sulitnya per ekonomian saat ini..hendaklah kita bersabar dan terus berusaha..Yakin Allah SWT pasti akan memberikan kemudahan. Apa salah satu cara melakukannya…berusahalah untuk bijaksana dalam menyikapi persoalan..berani dalam mengambil keputusan..karena dalam satu keputusan yang akan kita ambil pasti ada resiko..berdasarkan aturan agama Al qur’an dan hadist..pertebal keyakinan bahwa Allah SWT maha Berkehendak Maha Mengetahui apa yang akan terjadi.


…………….. Siapa saja yang ada didalam gua itu..ASHABUL KAHFI artinya penghuni gua. Menurut sebahagian pakar sejarah,mereka yang ada di dalam gua itu adalah sekelompok pemuda (fityah) yang berjumlah tujuh orang dan seekor anjing sebagai teman penunjuk jalan menuju gua. Dalam Al Qur’an tidak menyebutkan nama-nama mereka,namun dalam lembaran sejarah di cantumkan nama nama mereka (Maksalmina,Tamlekha,Martukis,Nawalis,Sanius,Batnayus,Kasyfutat)sedangkan anjing mereka ada yang menyebut Raqqim..sedangkan sejarah yang lain menyebutkan raqqim itu adalah nama gunung tempat mereka di gua tersebut.
Ayat ke 13 memberitahukan kepada kita bahwa Allah SWT yang menceritakan kisah Ashabul Kahfi kepada Nabi Muhammad SAW..ini berarti nabi tidak membuat atau mengarang cerita tersebut.Cerita Ashabul Kahfi benar-benar wahyu Allah SWT bukan dongeng..ayat ini menegaskan bahwa mereka adalah para pemuda yang mendapat Hidayah dari Allah SWT karena mereka terus berusaha mempertahankan iman mereka Allah menambah hidayahnya maka mereka dapat dikatakan sebagai PEMUDA MUKMIN SEJATI.

Nilai Ushul Fiqh..(karena mereka berusaha mempertahankan iman mereka) Akhirnya mereka tergolong mukmin sejati..keterangan ini semakin memperkuat diri kita untuk tidak gampang terpengaruh dengan perkembangan zaman sehingga hilang nya nilai-nilai Al Qur’an..dan hilang ke imanan..karena hanya tuntutan materi hilang Tata karma,hilang bahasa yang baik,terjerumus ke dalam hal yang sangat di larang Allah SWT.

Bersambung Part 3 dalam judul…LATAR BELAKANG TURUNNYA SURAT AL KAHFI…mangga di baca..jeng sing sabar ngantosan………………………………………..


Wasalam

Sultan Muhammad Alamsyah.


2 komentar:

  1. Semoga semua pengunjung di blog ini dalam Lindungan Allah SWT..sahabat2 di perbankan silahkan ditunggu jangan sibuk terus..ngitung bikin kepala pusing..

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus